Tiga empat ratus tahun yang lalu, di dalam abad keenam-belas ketujuh-belas, maka di dunia Barat adalah selesai suatu perobahan-susunan-masyarakat: feodalisme Eropah mulai surut sedikit-persedikit, timbullah suatu kegiatan-pertukangan dan perdagangan, timbullah suatu klasse pertukangan dan perdagangan, yang giat sekali berniaga di seluruh benua Eropah-Barat. Hal itu sudah terjadi dan sudah lalu, tidak usah dipikirkan jua. Kami di dalam hal itu akan mengucap syukur dan alhamdulillah, oleh karena sepanjang keyakinan kami kemerdekaan adalah kunci pintu gerbang surga kebesaran kami. Adakah prakteknya di sini membenarkan keyakinan PNI, bahwa negeri yang tak merdeka itu memang segala atau sebagian daripada aturan-aturan dan syarat-syarat hidupnya dipengaruhi, di-capkan, diperuntukkan bagi kepentingan-kepentingan imperialistis, yang bertentangan dengan Bumiputra itu? Balasnya ialah reaksi yang sama dari benda yang lain pada arah bertentangan. Kebanyakan orang bersahabat ialah akan lawan tertawa saja, tetapi lawan menangis sukar dicari. 3 ad art. 140, hanjalah mengenai perhimpunan-perhimpunan jang didirikannja ialah dengan maksud jang tertentu menjuruh anggauta-anggautanja mendjalankan misdrijven. Sebab dengan machtsvorming jang demikian itu, dengan suatu macht jang njata dan haibat serta diinsafi oleh anggauta-anggautanja, dengan suatu macht jang bernjawa nasionalisme, beruratsaraf ampat-shakti itu, bebadan wadag massa jang berkerumunan itu, dengan macht jang demikian itu kita toch sudah bisa mendjadi maha-shakti dan mahakuasa,- ambui sesungguhnja, zonder bom-boman atau dynamiet-dynamietan, zonder kotjak-kotjakan sengadja membahajai keamanan umum, atau melanggar gezag atau ikut pada perkumpulan jang bermaksud kedjahatan, zonder mendjalankan barang sesuatu jang dilarang oleh hukum!
Saya sedang mengerjakan sebuah artikel untuk Bunga dan Hukum; Saya harap ini akan diposting! Mereka tahu, bahwa raksasa ini tidak berbahajalah bagi mereka, selama ia-tidak insaf akan kekuatannja. Kata-kata penghargaan mereka memiliki daya penggerak, inspirasi bagi kita, menguatkan, mendorong kita untuk bertahan dalam kebaikan. Tertarik untuk bergabung menjadi AmanZens? Begitu Anda mengetahui jiwa orang-orang kami, bagaimana perasaan Anda tertarik kepada kami. Orang-orang yang melakukan self-diagnosis itu biasanya terbagi menjadi dua tipe yaitu: 1. Orang yang tidak punya waktu untuk konsultasi dengan profesional sampai harus ‘tersesat’ dengan informasi yang dibaca di internet, dan 2. Orang yang mengklaim dirinya mengalami gangguan mental karena termakan glorifikasi. Bukan saya yang membawa orang itu bercakap, melainkan dia yang datang kepada saya." Mandor Saman undur ke belakang mendengar perkataan Midun yang lunak, tetapi pedas itu. Biasanya bila ia melihat orang hukuman berbuat salah tidak ditanyainya lagi, melainkan pukulan saja yang tiba di punggung. Tetapi kepada Midun, mandor Saman agak gentar, karena sudah dilihatnya ketangkas- an anak muda itu. Maka katanya, "Ya, siapa, ini apa? Uang dua rupiah itu pada pikiran kusir murah saja, Midun! Bukankah pangkal kesenangan itu uang?
Di manakah Midun yang saleh itu? Kawanku Midun! Sejak kecil kita tidak bercerai setapak juapun. Tidak perlukah kita membawa pisau, Midun? Tentang membawa pisau itu tidak usah lagi. Lagi pula tidakkah jauh amat, karena kita pergi ke perhentian bendi dahulu? Dari sini tidak berapa jauh ke perhentian bendi. Terima kasih Tuhan; kita katakan, terlepas dari rasa sakit, karena siapa pun yang tidak peka terhadap rasa sakit tidak rentan terhadap sukacita. Karena Pak Midun masa itu dalam sakit payah, darah anak istrinya tersirap mendengar bunyi itu. Ini termasuk akses ke rumah sakit dan dokter yang mungkin tidak tercakup dalam jaringan mereka. 3. Negara-negara Pihak harus mengekang diri agar tidak menerima siapa pun yang belum mencapai umur lima belas tahun ke dalam angkatan bersenjata mereka. Jika dalam sepekan ini perkara ini belum juga diperiksa, baru saya pulang ke kampung. Kita tidak boleh lengah dan alpa sedikit juga sampai-sampai pulang ke kampung. Hal ini janganlah Bapak beri tahukan dahulu kepada orang di kampung.
Waktu ini kita harus bersuka-suka. Asal sudah kita melihat pacu boko, kita terus pulang saja. Asal kita ingat saja menjaga diri, sudahlah! Manakala saya di belakang, tentu boleh saya memberi ingat kalau ada apa-apa. Jika ada apa-apa yang ter- jadi, jangan engkau larang-larang lagi, sebagai ketika engkau berkelahi dengan Kacak dahulu. Mudah-mudahan janganlah hendaknya kurang suatu apa engkau menjalankan hukuman. Tetapi mudah-mudahan janganlah hendaknya terjadi demikian. Menyadari dan mengamati berbagai dinamika pengalaman yang terjadi. Kita melihat, - dan kini kita mengambil permaklumannya volksraad bahwa di mana duapuluhlima tahun yang lalu 71% dari kaum Marhaen masih bisa tani-melulu, kini tinggal 52% sahajalah yang bisa bertani-melulu. Masih sangat aneh bahwa kita harus meraih kertas dan pena untuk memberitahunya sesuatu! Pada bangsa Yunanilah timbulnya semangat menyusun dan memperumumkan (generalizasi) segala bukti yang terpancir kacau-balau itu. Amboi, - tidak boleh mencari perhubungan samasekali: dengan lain-lain bangsa! Hal ini saya pikir bukan karena otak Tionghoa kurang cerdas dari otak Barat, melainkan berhubung dengan keadaan masyarakat dan ekonomi Tionghoa. Memang tiap-tiap masyarakat "in transformatie" adalah seolah-olah demam.
Comments
Post a Comment