4. Apabila pemisahan tersebut diakibatkan tindakan apapun yang diprakarsai suatu Negara Pihak seperti penahanan, pemenjaraan, pengasingan, deportasi atau kematian (termasuk kematian akibat sebab apapun selama orang itu ada dalam tahanan negara) salah satu atau kedua orang tua si anak, maka Negara Pihak yang bersangkutan atas permintaan harus memberikan kepada orang anak atau kalau cocok anggota keluarga yang lain dengan informasi pokok mengenai tempat berada anggota atau paran anggota keluarga yang tidak ada kecuali pemberian informasi itu akan merusak kesejahteraan anak itu. Selain yang telah disebutkan, ada satu kandungan rokok yang tak kalah berbahaya dari kandungan lainnya. Jadi menurut Lenxeus satu sama lainnya terpisah seperti Hume menganggap Jasmani dan Rohani ialah terpisah. 2. Untuk tujuan ini, maka Negara-negara Pihak harus menyediakan, seperti yang mereka anggap tepat, kerja sama dalam usaha apa pun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi-organisasi antar pemerintah lain yang berwenang, atau organisasi-organisasi non-pemerintah, yang bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melindungi dan membantu seorang anak semacam itu dan melacak setiap orang tua atau anggota-anggota keluarga yang lain dari pengungsi anak, agar dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk melaksanakan repatriasi dengan keluarganya. 1. Anak harus didaftarkan segera sesudah kelahiran dan harus mempunyai hak sejak lahir atas suatu nama, hak untuk memperoleh kewarganegaraan, dan sejauh mungkin, hak untuk mengetahui dan dirawat oleh orang tuanya.
”,- itulah harus menjadi semboyan kami dan semboyan tiap-tiap orang Indonesia yang mau berjuang untuk keselamatan tanah air dan bangsa! Sekitar tahun 1930 berkurang menjadi 52%. Hal ini akibat banyaknya tanah yang diambil perkebunan asing, selain banyak yang pindah ke kota karena sempitnya tanah garapan. Hal ini juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner. Tetapi tidak adalah barang jang lebih ditakuti oleh musuh-musuh kita daripada bertambah-tambahnja rasa-kekuatan ini! Rasa-kekuatan zonder kekuatan, kadang-kadang bisalah djuga melahirkan perbuatan-perbuatan jang mengedjutkan musuh dan mengetjilkan hatinja, menundukkan atau melemahkan kemauannja. Bahwasenja: dengan macht mendapat concessie-concessie jang besar, zonder macht tidak mendapat concessie-concessie jang besar itu! Betul perdjoangan ini sedari mulanja memang tidaklah zonder bewustnja jang mendjalankan, tetapi merekapunja kemauan jang bewust itu hanjalah mengenai merekapunja kebutuhan persoonlijk jang dekat-dekat sadja. Kekuatan kaum proletar itu bagi sesuatu tingkat daripada pergaulanhidup kemodalan sudahlah dipastikan oleh perbandingan-perbandingan econominja, dan tidak bisalah dibesar-besarkan semau- maunja. Tidak bisalah kami mencoba mengalahkan imperialisme itu dengan mendesaknya ke luar dengan kekuatan persaingan ekonomi, tidak bisalah kami mencoba melemahkan dayanya dengan daya “self-containing” yang nasional-ekonomis sebagai di India itu.
Kami hanjalah mengetahui bahwa kemerdekaan itu adalah minta sjarat-sjarat atau voorwaarden, dus P.N.I. Karakternja pergerakan kita adalah “nationale bevrijdingsbeweging èn hervormingsbeweging tegelijk”, jakni pergerakan jang berusaha untuk kemerdekaan Indonesia dan untuk perbaikan-perbaikan jang kiranja bisa tertjapaikan sekarang djuga. Oleh karena itu, maka perdjoangan-kelas itu (sebagai kedjadian-pergaulan-hidup) adalah lama sekali suatu kedjadian jang tidak bewust, dan oleh karenanja pula, banjaklah kekuatan-kekuatan jang terbuang sebagaimana memang banjak kekuatankekuatan jang terbuang pula di dalam tiap-tiap kedjadian jang tidak bewust. Dalam pada ia mengedjar tjita-tjitanja jang kemudian-hari, maka ia sudah mentjobalah mendatangkan perbaikan-perbaikan pada hari-sekarang di dalam nasibnja rakjat jang ia mau laksanakan tjita-tjitanya itu. Desember 1929,-dengan matjam-matjam djalan lain jang rendah dan kedji. “Baik”,-orang sekarang berkata,-concessie-concessie jang penting dapat tertjapai dengan djalan jang halal itu! Tidak, Tuan-tuan Hakim, kami tidak usah berkotjakkotjakan demikian itu supaja maksud-maksud kami bisa tertjapai. Di sinilah rakjat itu bisa diobah kemauan dan tenaganja, diukur-ukur dan ditaker-taker kekuatannja, dipelihara dan dibesar-besarkan kekuasaannja, digemblèng kekerasan-hati dan energienja! Rakjat haruslah dituntun dan diolah pula kemauan dan tenaganja di atas lapangnja perbuatan,-di“train” kemauan dan tenaganja di atas lapangnja “daadwerkelijke acties”, jakni di“train” bekerdja untuk mendatangkan perbaikanperbaikan hari-sekarang sebagai jang kami sebutkan tadi itu.
Maka kami tidaklah bermaksud mengatakan apa-apa tentang tempoh, atau chronologienja langkah-penghabisan itu terdjadi. Mendel, yang bekerja lepas dari Darwin, menjatuhkan dengan angka apa yang digambarkan oleh Darwin dengan teori, yaitu tentang undang yang menentukan sifat yang akan diperoleh turunan, kalau sifat ibu bapa (hewan) sudah diketahui. Orang bisa membantah, “O, itu keadaan tempo dulu, keadaan sekarang sudah lain! O, memang, - itu keadaan tempo dulu, itu jahatnya imperialisme-tua! Ia adalah suatu pergerakan jang bukan sadja menulis di dalam statutennja perkataan-perkataan “kemerdekaan Indonesia”,-ia adalah pula menuliskan di dalam statuten itu, “bekerdja untuk Indonesia merdeka”, dan mempunjailah pula daftar-usaha jang berisi matjam-matjam fatsal “perbaikan-hari-sekarang” itu tadi. Dan bersamping-sampingan dengan actie sehari-hari ini, bersamping-sampingan dengan apa jang kita sebutkan “daadwerkelijke acties” ini, maka kita menghasilkanlah pada rakjat itu matjam-matjam theorie beserta pengadjarannja pergerakan-pergerakan di negeri-negeri lain,-jakni kita mengasih kepada rakjat itu cursus-cursus dan surat-suratbatjaan, agar supaja rakjat itu mengetahui segala selukbeluk perdjoangannja, mengetahui apa sebabnja ia harus berdjoang, buat apa ia harus berdjoang, dengan apa ia harus berdjoang, artinja: agar supaja rakjat tidak mengindjaki djalan-djalan jang salah dan tidak pula sebagai kambing mengikuti sadja kepada tuntunan dengan tidak ikut memikir. Ia mengasih theorie atas silukbiluknja imperalisme, theorie atas soal-soalnja pergerakan sendiri, theorie atas pengadjaran-pengadjarannja atau leeringennja pergerakan-pergerakan di negeri lain.
Comments
Post a Comment