Syarat berguru silat itu ialah: beras sesukat, kain putih sekabung, besi sekerat (pisau sebuah), uang serupiah, penjahit (jarum) tujuh, dan sirih pinang selengkapnya. Tidak hal yang demikian itu saja yang memasyhurkan nama Haji Abbas perkara silat, tetapi ada lagi beberapa hal yang lain. Stres merupakan kondisi yang bisa memengaruhi kesehatan mental maupun fisik. Masih banyak lagi jenis tes yang dapat membantu kalian untuk mengatasi masalah kesehatan mental, namun selalu pastikan aman dilakukan dan terakreditasi. Siapa tahu barangkali ada kapal yang akan berangkat ke Betawi. Pengajaran guru itu menjadi darah daging hendaknya kepadanya, jangan ada yang meng- halangi, terus saja seperti jarum yang dijahitkan. Lebih-lebih lagi yang makin menambah harum nama Haji Abbas, ketika ia disamun orang Baduwi antara Jeddah dan Mekkah waktu dalam perjalanan ke Tanah Suci. Semasa muda, ketika Haji Abbas dan Pak Midun berdagang menjajah tanah Minangkabau, tidak sedikit cobaan yang telah dirasainya. Tangkap-menangkap, empas-mengempaskan, tak ubahnya sebagai orang yang berkelahi benar-benar. Tidak orang kampung itu saja, bahkan banyak orang yang datang dari negeri lain belajar mengaji kepada Haji Abbas.
Dan meski tujuh macamnya mara bahaya yang tajam-tajam menimpa dia, mudah-mudahan terelakkan oleh- nya, berkat pengajaran guru itu. Penjahit tujuh, artinya sepekan tujuh hari; hendaklah guru itu tcrus mengajarnya, dengan pengajaran yang tajam seperti jarum itu. Karena Pak Midun seorang yang tabu dan alif, tiadalah ditinggalkannya syarat-syarat aturan berguru, meski- pun tempat anaknya berguru itu adik sebapak dia. Tak dibiarkannya sedikit jua segala Baduwi itu menyerang kawannya. Tidak sedikit uang habis untuk penyelamatkan si mati itu. Pak Midun merasa, bahwa silat itu berguna benar untuk membela diri dalam bahaya dan perkelahian. Belum lagi kasus bunuh diri yang menunjukkan tren peningkatan. Lain daripada Haji Abbas, guru Midun mengaji dan saudara sebapak dengan dia, tak ada yang ber- kenan pada pikirannya. Lain daripada itu, amat besar faedah silat itu untuk kesehatan badan. Orang bisa membantah, “O, itu keadaan tempo dulu, keadaan sekarang sudah lain! Arti dan wujudnya: Beras sesukat, gunanya akan dimakan guru, selama meng- ajari anak muda yang hendak belajar itu; seolah-olah me- ngatakan: perlukanlah mengajarnya, janganlah dilalaikan sebab hendak mencari penghidupan lain. Uang serupiah, ialah untuk pembeli tembakau yang diisap guru waktu melepaskan lelah dalam mengajar anak muda itu, hampir searti juga dengan beras sesukat tadi.
Dan kepandaiannya bersilat pun boleh dikatakan hampir bersamaan dengan Pendekar Sutan. Ia akan menurut suruh dan menghentikan tegah. Sirih pinang selengkapnya, artinya ialah akan dikunyah guru, waktu ia menghentikan lelah tiap-tiap sesudah mengajar anak muda itu, dan lagi sirih pinang itu telah menjadi adat yang biasa di tanah Minangkabau. Setelah beberapa lamanya dengan hal yang demikian itu, sekonyong-konyong Midun terempas agak jauh. Hal itu sudah terjadi dan sudah lalu, tidak usah dipikirkan jua. Segala barang-barang itu sebenarnya kiasan saja semuanya. Sebabnya ialah karena Midun ingin hendak men- dapat sesuatu dari Haji Abbas, tetapi selalu ditolaknya saja. Oleh karena itu, benar sekali perkataannya Caillaux, bahwa kini Eropah dan Amerika ada di bawah kekuasaannya feodalisme baru: "Tetapi kini kekuasaan feodal itu tidak digenggam oleh kaum tanah sebagai sediakala, kini ia digenggam oleh perserikatan-perserikatan industri yang selamanya bisa mendesakkan kemauannya terhadap kepada staat." Benar sekali juga perkataan de Brouckere, bahwa "demokrasi" sekarang itu sebenarnya adalah suatu alat kapitalisme, suatu kapitalistische instelling, suatu kedok bagi dictatuur van het kapitalisme! Kita p u n harus menggerakkan Rakyat-jelata di dalam suatu pergerakan radikal yang bergelombangan sebagai banjir, menjelmakan pergerakan massa yang tahadinya onbewust dan hanya raba-raba itu menjadi suatu pergerakan massa yang bewust dan radikal, yakni massa-aksi yang insyaf akan jalan dan maksud-maksudnya.
Seorang pun tak ada yang tampak oleh Pak Midun, guru yang bersesuaian dengan pikirannya di negeri itu. Hal ini tentunya menyebabkan intervensi yang diberikan tidak memiliki perubahan yang signifikan atau malah memunculkan keluhan yang baru. Hal ini saya pikir bukan karena otak Tionghoa kurang cerdas dari otak Barat, melainkan berhubung dengan keadaan masyarakat dan ekonomi Tionghoa. Berikut adalah jenis asuransi di Indonesia didasarkan pada beberapa hal. Batas Usia: Beberapa asuransi swasta mungkin memiliki batasan usia untuk mendaftar, sedangkan BPJS terbuka untuk semua orang, termasuk mereka yang sudah lanjut usia. Kalau saja kita bisa membuang waktu - atau kita harus kami akan membawamu ke Batavia, itu yang terbaik! Tiba-tiba saya melihat sebuah uang tali di tepi jalan, ibu rupanya melihat uang itu pula. Maka ia pun berkata kepada Midun, katanya, "Harga kain ini f 100,-. Jadi kita berpokok f 50,- seorang. Kalau beruntung, kita bagi tiga. Sepertiga untuk saya dan dua per tiga keuntungan bagimu. Sukakah engkau dengan aturan begitu?" Karena Midun sangat percaya kepada orang Arab, ia pun menganggukkan kepala saja. Kain putih sekabung, "alas tobat" namanya; maksudnya dengan segala putih hati dan tulus anak muda itu menerima pengajaran; samalah dengan kain itu putih dan bersih hati anak muda itu menerima barang apa yang diajarkan guru.
Comments
Post a Comment